Rabu, 24 April 2013

LOMBA ESSAY KTS SMAN 1 PEMALANG



IMPLEMENTASI 7K (KEAMANAN, KEBERSIHAN, KETERTIBAN, KEINDAHAN, KEKELUARGAAN, KEDAMAIAN DAN KERINDANGAN)  DI
RSMABI NEGERI 1 PEMALANG MENUJU ISO 14000

Judul: Budaya SMAN 1 Pemalang Tercinta

SMA Negeri 1 Pemalang adalah Sekolah Menengah Atas yang terfavorit di kota Pemalang. Status RSBI (Rintisan Sekolah Menengah Atas Berstandar Internasional) menjadikan kebanggaan tersendiri bagi Para Siswa, Guru, Staff beserta Kepala Sekolah. Dengan Status RSBI inilah yang menjadikan SMANSA PEMALANG sebagai Prioritas bagi para masyarakat khususnya kaum Orang tua memberikan pendidikan bagi buah hatinya di SMAN 1 Pemalang.
Jaminan Pendidikan dengan kualitas “Top” dan fasilitas yang memadai tentunya merupakan eksistensi tersendiri untuk masa depan siswa-siswi nya. Tak kalah, tenaga kependidikan yang berkompeten dalam Mata Pelajaran masing-masing yang mampu membawa siswa siswinya kejenjang Olimpiade baik tingkat Nasional (OSN), Olimpiade Provinsi (OSP) bahkan ke luar negeri sekalipun (OSI).
Sebagai Pioneer di kabupaten Pemalang, SMA Negeri 1 Pemalang selalu berusaha mewujudkan semua Visi dan Misinya. Tentu saja kita masih ingat Visi Visi SMANSA yang selalu dilontarkan Ibu Kepala Sekolah kita tercinta, Ibu Dra. Rishi Mardiningsih M,Pd sebagai penyemangat kala Upacara Bendera (Flag Ceremony) Maupun Apel Pagi, yaitu : “Iman Kuat” ; :”Mulia akhlaq” ; “Prima Prestasi” dan lainnya.
Jika kita amati sejenak Visi dan Misi SMA Negeri 1Pemalang, kita dapat merenungkan tujuh hal yang perlu diterapkan di SMANSA tercinta. Tujuh Hal tersebut antara lain: Keamanan, kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kedamaian dan Kerindangan. Apalagi sekarang SMAN 1 Pemalang telah mempersiapkan diri menuju ISO 14000 yaitu tentang lingkungan hidup. Hal Ikhwal ini mengharuskan Kepala Sekolah kita tercinta  menerapkan budaya “layanan didahulukan, Mutu diutamakan.
Layanan didahulukan dimaksudkan agar semua pelayanan yang dibutuhkan siswa terkait dengan fasilitas pendidikan, sarana dan prasarana belajar baik dikelas maupun lingkungan sekolah dapat tersedia dengan baik. Siswa selalu terlayani demi kepuasan segala macam sarana dan prasarana.
Mutu diutamakan dimaksudkan agar semua siswa dapat menikmati kualitas pendidikan dari tenaga kependidikan hingga segala macam kegiatan demi peningkatan prestasi sekolah yang berasal dari siswa maupun warga sekolah lainnya. Mutu yang baik akan membawa prestasi yang gemilang.
Untuk menuju ISO 14000 penerapan 7 hal diatas perlu dukungan dari semua warga sekolah. Peranan Kepala sekolah sebagai tonggak atau tiang agar 7 hal diatas dapat terlaksana dengan sebaik mungkin. Peranan Guru (tenaga kependidikan) yaitu mengajak siswa sebanyak mungkin untuk menerapkan dan selalu membudayakan 7 hal melalui pembelajaran yang CTL (Contextual Teaching and Learning) sehingga siswa mampu terjun langsung ke Lapangan.Disisi lain Peran Siswa adalah peranan terbesar keterlaksanaan dengan baiknya hal tersebut. Tak luput Staff Keperkebunan, Staff  Keamanan hingga Staff kebersihan juga dibutuhkan agar 7 hal diatas dapat terlaksana sebaik mungkin.
Baiklah kita akan menyelidiki ketujuh hal tersebut secara saksama. Yang pertama adalah Keamanan (Security). Sebagai sekolah yang menjadi Pionerr kota Pemalang, demi kepuasan pelanggan (siswa dan orang tua), Kemanan harus selalu melekat dalam lubuk sanubari semua warga sekolah. Infokom sebagai segala  macam sumber Informasi satu diantaranya adalah keamanan. Semua warga berusaha sebaik mungkin mengamankan ataupun menjaga nama baik sekolah. Organisasi yang bergerak dibidang Keamanan yang tidak lain adalah PKS juga ikut membantu segala macam yang berkaitan dengan keamanan. Keamanan juga tak lepas dari Pribadi Insan warga sekolah yang jujur. Bagaimana mungkin Nama Besar SMANSA terjunjung tinggi sampai sekarang tanpa adanya pribadi yang jujur dari setiap lapisan warga sekolah.
Yang kedua adalah kebersihan. Jika kita amati dengan segala keseksamaaan, budaya bersih dilingkungan SMANSA PEMALANG masih dapat dikatakan kurang. Bisa terlihat dari kelas, siswa masih banyak yang meletakkan plastik plastik bekas jajanan ke dalam laci sehingga seringkali petugas kebersihan menemukan dan selalu membersihkan bekas jajanan dilaci para siswa. Kemudian bila kita melihat lingkungan SMANSA kita sudah sepatutnya mengacungkan jempol karena dengan segala upaya petugas keberisihan didukung warga sekolah lainnya tidak membuang sampah sembarangan. Tentu saja, bagaimana tidak ? semua penjuru SMANSA terdapat tempat sampah yang siap sedia menampung sampah  warga SMA Negeri 1 pemalang. Kebijakan kepala sekolah untuk mengajak semua Staff kebersihan menciptakan pupuk alami agar kesuburan tanaman terjaga. Dengan adanya pupuk kompos, telah mengurangi jumlah sampah organik yang berserakan.
Yang ketiga adalah ketertiban. Budaya tertib dilihat dari berbagai segi diantaranya segi berpakaian, Pelaksanaan Upacara dan Apel, Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) , Pelaksanaan kegiatan Hari hari besar dan sebagainya. Terkait hal tersebut kita dapat nilai melalui para siswa, dan semuanya saja dapat tidakkah melaksanakan kegiatan yang demikian dengan baik tanpa menimbulkan efek atau kesan gaduh dan riuh.Sudah sepatutnya ketertiban dijunjung tinggi demi menjaga keutuhan dan Nama baik SMA Negeri 1 Pemalang. Ketertiban adalah cermin menuju ketentraman dari segala pihak. Kesanggupan melaksanakan memang cukup berat tapi jika semua pihak dapat diatur dan dibimbing sebaik mungkin tidak ada yang tidak mungkin semuanya selalu mungkin.

Yang keempat adalah keindahan. Keindahan membawa efek tersendiri bagi semua orang. Keindahan adalah penyejuk mata dan hati. Suasana yang indah di SMAN 1 Pemalang adalah berkat usaha dan kerja keras para siswa khususnya yang bergerak dibidang OSIS dan warga sekolah lainnya. Tanaman yang tumbuh subur, lingkungan yang bersih, tembok yang bebas coretan, kolam yang berkecipuk air penuh riang ikan ikan,tempat parkir yang teratur adalah faktor keindahan SMANSA tercinta.
Selanjutnya adalah Kekeluargaan. Rasa Kekeluargaan (Familial Relationship) adalah sesuatu yang mutlak dalam diri manusia. Kekeluargaan sebagai cermin SMAN 1 pemalang untuk mewujudkan segala visi misinya karena rasa kekeluargaan akan membawa kebersamaan dan gotong royong.
Yang keenam adalah Kedamaian. Hidup damai dan rukun akan menciptakan insan yang memiliki iman kuat. Permusuhan sangatlah tidak pantas mengingat kita manusia sebagai makhluk sosial. Suasana damai akan menimbulkan ketenangan hati daan pikiran. Kedamaian menciptakan suasana di SMANSA PEMALANG menjadi harmonis.
Nah, yang terakhir adalah kerindangan. Siswa membutuhkan suasana yang bukan hanya dalam ruangan tetapi juga luar ruangan untuk belajar. Suasana belajar hendaklah dibarengi dengan tempat yang rindang entah itu berupa taman atau lainnya. Yang jelas siswa tidak akan bosan belajar karena suasana belajarnya berbeda dengan dikelas. Perlu adanya Taman tersendiri bagi kenyamanan siswa bercanda, belajar dan lainnya. Siswa SMANSA perlu menerapkan GO GREEN dalam hal ini.
Ketujuh hal diatas hendaklah sedini mungkin diterapkan dilingkungan SMAN 1 Pemalang tercinta mengingat ISO 14000 tentang lingkungan hidup adalah bagaimana SMANSA sendiri menciptakan Insan yang mampu menumbuhkan kesemangatan yang pasti dari semua pihak. Kepala Sekolah telah mencanangkan program sebaik mungkin karena kita sekolah pioneer tentunya dengan jiwa pemimpin Kepala sekolah, SMANSA mampu menghantarkan Prestasinya menuju ISO 14000 tersebut.
Keamanan yang pasti, kebersihan yang terjaga, ketertiban yang selalu melekat, keindahan yang selalu asri dan lestari, Rasa Kekeluargaan yang tinggi, Keseriusan menjaga kedamaian serta bekerjasama menciptakan dan menjaga kerindingan pepohonan tentulah mampu menghantar prestasi yang pasti bagi SMANSA dalam ajang ISO 14000 tentang lingkungan hidup.
Satu hal yang perlu diingat, semua itu diperlukan ketanggapan, keseriusan, kegotong royongan semua pihak warga sekolah. Bagaimana mungkin Keamanan yang pasti ada tanpa dukungan kita menjaga pribadi yang jujur, bagaimana mungkin pula keindahan, suasana rukun dan tentram akan tercipta tanpa keseriusan dan ketanggapan kita mengenai masalah tersebut.
Intinya saja kita tidak meremehkan 7K. Sekolah kita yang besar akan lebih lengkap jika dibarengi dengan menjaga dan selalu mengedepankan 7K. Oleh karenanya, dengan adanya ISO 14000 akan membangkitkan gairah warga SMANSA Pemalang, khususnya para siswa mau tanggap, aktif dan berinovatif menciptakan sesuatu yang membantu kelancaran terlaksananya 7K.  Yang demikian akan menjadikan kita menjadi sekolah kita unggul baik di tingkat kota hingga ke Internasional (Insya Allah).
Mungkin hanya itu saja yang dapat saya ulas mengenai Implementasi 7K dalam lingkungan SMAN 1 Pemalang untuk menuju ISO 14000. Dalam hal ini tidak ada satu pihakpun yang lepas dari tanggung jawab. Semua wajib bertanggung jawab. SMAN 1 Pemalang akan selalu dikenang akan selalu besar namanya dan dipercaya sebagai Sekolah Menengah Atas yang memiliki segudang prestasi gemilang. Amieennnnnnnnnnnnnnn............................. !
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar